Social Icons

.

Minggu, 04 Mei 2014

Ayo Berinvestasi




 Mungkin anda berpikir kenapa kita harus berinvestasi, ada orang yang pernah bilang “orang tua saya kaya jadi 7 turunan pun gak akan habis hartanya”,
atau buat apa berinvestasi itu pun memakan waktu lama dan profitnya pun kecil.
Memang benar asumsi diatas, bahwa orang tua yang kaya akan mewariskan harta yang banyak kepada anaknya,cucunya bahkan cicitnya sekalipun.
Tapi kita ingat kata pepatah “kehidupan adalah sebuah misteri kita tidak akan
tahu apa yang akan terjadi di masa depan”.
Hal ini mengingatkan bahwa roda kehidupan itu terus berputar kadang kita diatas atau ada kalanya kita terjatuh.
Orang kaya pun bisa jatuh miskin misalnya : perusahaannya mengalami kebangkrutan dan banyak meninggalkan utang.

Atau memang benar investasi itupun terkadang memang memakan waktu yang cukup lama. Nah kalo soal profit bukannya kecil itu pun tergantung kekuatan dana yang anda investasikan.

Berikut ini saya perkenalkan cara berinvestasi yaitu ada dua pilihan :

1.  Melakukan investasi secara periodik

    Investasi secara periodik yang dimaksud disini yaitu investasi yang dilakukan
    secara berkala atau rutin. Misalnya anda bisa melakukan investasi setiap satu
    tahun sekali, enam bulan sekali, sebulan sekali bahkan ada yang setiap minggu
    sekali.
    Cara investasi ini paling ampuh untuk mengejar target yang besar kelak.
    Anda tidak perlu memiliki dana yang besar saat ini, cukup kita menyisihkan
    sebagian kecil penghasilan anda untuk di investasikan dalam sebuah produk
    investasi.

2.  Melakukan investasi sekali saja
     
     Investasi sekali saja yaitu anda cukup memasukkan dana sekali saja kedalam
     sebuah produk investasi. Misalnya Deposito, anda endapkan dana ini selama
     10 tahun, nah dana ini kan berbunga kemudian bunga ini ditambahkan ke uang
     pokok lalu bisa di depositokan lagi sehingga bunganya makin membesar.
     Tapi ingat dana ini jangan pernah disentuh selama 10 tahun, baru setelah 10
     tahun anda boleh mengambil dana ini yang sangat besar.


Untuk mengetahui berapa lama yang dibutuhkan agar investasi anda berlipat ganda
gunakanlah hukum 72. Misal anda menginvestasikan dana 2 juta pada deposito dengan suku bunga 18% per tahun (di roll-over setiap tahun), maka uang 2 juta anda berlipat ganda dalam jangka waktu 4 tahun.

Cara menghitungnya yaitu gunakan hukum 72. Bagi angka 72 dengan suku bunga 18%  dari produk investasi dikalikan pertahun (1 tahun).
Jadi 72/18 x 1 tahun = 4 tahun

Waktu 4 tahun itulah yang dibutuhkan agar investasi anda berlipat ganda.

4 komentar:

  1. Sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit. Itu kata nenek moyang kita.
    Sayangnya, sakarang ini, banyak orang yang berprinsip: lebih besar pasak daripada tiang. Jangankan ditabung, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja masih kurang...........
    Jarang sekali orang yang suka berhemat, bergaya hidup sederhana. Cenderung boros, contohnya................... SAYA

    BalasHapus
  2. sebenarnya ini soal gimana ngaturnya aja mana pos-pos uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan mana uang yang di investasikan atau katakanlah ditabung,
    sebenarnya nabung juga gak perlu banyak-banyak, seperti orang bijak "dikit-dikit lama-lama menjadi bukit" itulah filosofi menabung, dan menabung point yang penting adalah ketika ada "kebutuhan yang tak terduga", kebutuhan yang tak terduga ini misalnya saat kita sakit, atau untuk butuh untuk pembayaran kuliah atau yang lain, yang intinya kita butuh uang cepat disaat kebutuhan itu benar-benar mendesak, nah saat itulah kita ambil uang di tabungan kita

    BalasHapus
  3. waah bener niih bang investasi itu penting, kita tak tau suatu saat bisa saja kekayaan keluarga kita bangkrut. hmm btw, kog bisa ya itu pake hukum 72 ya bang, #pengen tau nih, hihi.. salam sukses selalu yaaa

    BalasHapus
  4. jadi kepengen nih investasi buat masa depann

    BalasHapus

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.